Langkah-langkah Membuat Kolom Koran, Daftar Isi, Page Numbers pada Ms. Word

Langkah-langkah Membuat Kolom Koran pada Ms. Word

Kolom Koran

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat sebuah tutorial Cara Membuat Kolom Koran di Microsoft Word. Kolom koran berfungsi untuk membagi teks menjadi berupa kolom-kolom seperti dikoran atau surat kabar.

caranya yaitu :
- Buka dokumen microsoft word.
- Blok semua teks yang akan dibuat kolom koran.


- Klik menu layout.
- pilih kolom

- Pilih jumlah kolom yang diinginkan, contoh aja three.
  maka hasil sebagai berikut....


Langkah-langkah Membuat Page Number pada Ms.Word


Page Number

page number adalah fasilitas dalam microsoft word yang berfungsi intuk menampilkan sebuah halaman dokumen, berikut adalah langkah-langkah membuat Page Number:

Menambahkan nomor halaman:
Word dapat secara otomatis melabelkan setiap halaman dengan nomor halaman dan menempatkannya dalam header, footer, atau marjin samping. Jika Anda memiliki header atau footer, ini akan dihapus dan diganti dengan nomor halaman.
Pada tab Insert, klik perintah Page Number.
Perintah Page Number pada tab Insert.

Buka Top of Page, Bottom of Page, atau menu Page Margin, tergantung di mana nomor halaman ingin diletakkan. Kemudian pilih gaya header yang diinginkan.

  1. Memilih gaya header.
Penomoran halaman akan muncul.

Penomoran halaman di header.


Tekan tombol Esc untuk mengunci header dan footer.

Mengunci header.


Jika Anda ingin membuat perubahan pada nomor halaman Anda, cukup klik dua kali header atau footer untuk membukanya.

Menambahkan nomor halaman ke header atau footer yang ada:

Jika Anda sudah memiliki header atau footer dan Anda ingin menambahkan nomor halaman disitu, Word memiliki opsi yang secara otomatis akan memasukkan nomor halaman ke dalam header atau footer yang ada. Dalam contoh kita, kita akan menambahkan penomoran halaman untuk header dokumen kita.
Klik ganda di mana saja pada header atau footer untuk membukanya.
Membuka header


Pada tab Design, klik perintah Page Number. Pada menu yang muncul, arahkan mouse ke Current Position dan pilih gaya penomoran halaman yang diinginkan.

Menu Page Number


Penomoran halaman akan muncul.

Penomoran halaman di header


Setelah selesai, tekan tombol Esc.

Mengunci header

Menyembunyikan nomor halaman pada halaman pertama:

Dalam beberapa dokumen, Anda mungkin tidak ingin nomor halaman muncul pada halaman pertama. Anda dapat menyembunyikan nomor halaman pertama tanpa mempengaruhi sisa halaman lainnya.
Klik dua kali header atau footer untuk membukanya.

Dari tab Design, centang tanda di sebelah Different First Page. Header dan footer akan hilang dari halaman pertama. Jika Anda ingin, Anda dapat mengetik hal lain di header atau footer, dan itu hanya akan mempengaruhi halaman pertama saja.

Mengklik Different First Page

Me-restart penomoran halaman:

Word memungkinkan Anda untuk me-restart penomoran halaman pada setiap halaman dokumen Anda. Anda dapat melakukan ini dengan memasukkan section break dan memilih nomor yang ingin Anda restart penomorannya. Dalam contoh kita, kita akan restart penomoran halaman pada Works Cited dokumen kita.

Tempatkan titik penyisipan di bagian atas halaman yang ingin di-restart penomoran halamannya. Jika ada teks pada halaman, tempatkan titik penyisipan pada awal teks.

Menempatkan titik penyisipan



Pilih tab Layout, kemudian klik perintah Breaks. Pilih Next Page dari menu drop-down yang muncul.

  1. Memilih Next Page



Section break akan ditambahkan ke dokumen.

Klik dua kali header atau footer yang berisi nomor halaman yang ingin di-restart.

Memilih nomor halaman untuk di-restart
Klik perintah Page Number. Pada menu yang muncul, pilih Format Page Number.

Memformat nomor halaman



Sebuah kotak dialog akan muncul. Klik tombol Start. Secara default, akan mulai dengan 1. Jika Anda ingin, Anda dapat mengubah nomornya. Setelah selesai, klik Close.



Restart penomoran halaman



Penomoran halaman akan dimulai awal.



penomoran halaman di-restart


Langkah-langkah Membuat Daftar Isi pada Ms. Word


DAFTAR ISI 

Daftar isi sama seperti daftar bab di awal sebuah buku. Bagian ini mencantumkan setiap bagian dalam dokumen dan nomor halaman tempat bagian itu dimulai.
Anda bisa tentunya itu membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Dan jika Anda memutuskan untuk mengatur ulang bagian Anda atau menambahkan lebih banyak informasi, Anda harus memperbarui semuanya dari awal lagi. Berikut ini langkah-langkah membuat daftar isi:

CARA MEMBUAT DAFTAR ISI

Setelah proses di atas telah dilakukan dengan benar, maka langkah selanjutnya adalah membuat daftar isi secara otomatis. Ikuti beberapa langkah-langkah berikut.
  • Pertama, letakkan kursor pada halaman akhir laporan Anda.
  • Selanjutnya, masuk pada toolbar Preferences – klik table of contents yang berada di sebelah kiri.
  • Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan. Anda hanya pilih salah satu saja, kemudian hasilnya akan tampil di halaman akhir.
  • Jika sub BAB dalam laporan Anda cukup banyak dan tidak muncul ketika pertama kali Anda lakukan, maka anda perlu mengatur tingkatannya pada custom table of contents yang ada di dalam table of contents.
  • Setelah langkah-langkah di atas telah selesai, Anda perlu copy daftar isi yang masih menyatu dengan halaman laporan, kemudian buka halaman baru khusus daftar isi selanjutnya klik kanan paste dan pilih text only.
  • Langkah terakhir untuk finishing, adalah Anda mengaturnya secara manual sesuai kebutuhan seperti memisahkan daftar isi, tabel, dan gambar.
Proses membuat daftar isi, memakan waktu sekitar 15 hingga 20 menit tergantung banyaknya laporan. Ini lebih baik dari pada Anda melakukannya secara manual.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Sistem Informasi dan Strategi Organisasi

Etika, Privasi, dan Keamanan Informasi